*dok : Hairul Aswar Kepala SMA Negeri Selangit Saat Menandatangai Deklarasi Anti Bullying.



Musi Rawas - Warunginformasi.co.id


Akhir-akhir ini jagat media sosial dikejutkan oleh kejadian bullying di beberapa sekolah di Tanah Air yang mengakibatkan korban menjadi cacat dan sakit parah. Tentu hal ini menjadi sebuah kekhawatiran yang mendalam bagi dunia pendidikan terutama bagi orang tua siswa yang menitipkan anak-anaknya di sekolah. Kekhawatiran tersebut dinilai wajar karena tentu saja tidak ada satupun orang tua yang rela anaknya menjadi korban bullying.


Menyikapi kekhawatiran tersebut, pihak sekolah SMA Negeri Selangit bersama jajaran sekolah bekerja sama dalam meminimalisirkan terjadinya kekerasan terhadap anak sekolah atau Bullying dengan menandatangi Deklarasi Anti Bullying yang menyatakan ketidak setujuan atas sikap Bullying.


Menurut Hairul Aswar, "Deklarasi Anti-Bullying adalah sebuah komitmen resmi yang diambil oleh pihak sekolah, untuk melawan dan mencegah perilaku bullying". Selasa, (13/8).


Dijelaskannya, dalam deklarasi ini, mereka menyatakan tekad mereka untuk menciptakan lingkungan yang aman, menghormati perbedaan, dan mendukung korban bullying.


“Deklarasi ini mencakup janji untuk tidak melakukan atau mendukung bullying, mengedukasi warga sekolah terutama anak didik disekolah, tentang dampak buruknya, serta bekerja sama mencari cara untuk memerangi bullying secara aktif di lingkungan sekitar khususnya sekolah.” 


Hairul berharap, dengan adanya deklarasi anti bullying dapat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, membangun empati, dan mendorong tindakan positif dalam menghadapi masalah bullying.


“Semoga dengan papan deklarasi ini, dapat menyadarkan dan menciptakan suasana dimana tidak ada lagi perundungan yang terjadi di lingkungan sekolah utamanya di SMA Neger Selangit.” Tutupnya. 


*Iqbal

Lebih baru Lebih lama