*dok : Siswa dan Guru SMA Negeri Tugumulyo Memberikan Salam Saat Masuk Sekolah.



Musi Rawas - Warunginformasi.co.id


Era modern seperti saat ini, ditandai dengan pesatnya kemajuan teknologi, globalisasi serta perubahan sosial yang cepat. Menjadikan sebuah pembentukan etika sebagai dasar dalam nilai dan prinsip moral yang membimbing perilaku juga tindakan seseorang dalam berbagai situasi.


Hal itu juga yang menjadi tantangan dalam sebuah pendidikan guna membentuk lingkungan yang beretika dan kesadaran dalam sebuah pembentukan karakter menjadi sangat penting. Dimana sebuah individu perlu dilengkapi dengan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai etika itu sendiri, sehingga seseorang dapat beradaptasi dan berkontribusi secara positif di zaman yang terus berkembang.


Menurut Putra Sanjaya, selaku Kepala SMA Negeri Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.


“Pembentukan etika dan sopan santun di era modern adalah suatu hal yang kompleks dan beragam, dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berkaitan dengan perkembangan zaman, teknologi, nilai-nilai budaya, dan tantangan yang dihadapi oleh seseorang.” Senin, (22/7).


Oleh sebab itu, menanamkan nilai etika serta sopan santun harus dimulai sejak dini, dimulai dari membuat sebuah kebiasaan kecil hingga dapat menjadi sebuah kebiasaan yang posifit.


“Seperti contoh, kegiatan pagi ini dihari senin dan seterusnya. Setiap anak didik yang hadir, akan bertatap muka secara langsung dengan guru, dan di sambut dengan saling bersalaman, mengucapkan salam, serta membiasakan agar siswa dapat bangun lebih awal.”


Seperti kata bijak yang berbunyi, “Bangun Pagi Lebih Awal, Sukses Lebih Awal.” Tutup Putra Sanjaya.

Lebih baru Lebih lama